Sabtu, 15 Oktober 2011

Pemanfaatan Tong



Bertanam dng Tong Plastik

Punya gentong plastik tak terpakai? Kenapa tidak dimanfaatkan sebagai wadah tanam secara vertikal?

Untuk membuat lubang tanam di badan tong plastik, bisa dilakukan dengan
dua cara :

Pertama,
(cara agak repot dan sedikit berkeringat ...)
Tandai jarak antar lubang dan buat garis 5-10 cm. Gunakan gergaji besi untuk menyayat garis yang telah dibuat (atau menggunakan pisau yang sangat tajam). Setelah semua lobang tanam telah disayat, panaskan dengan lampu berbahan bakar spiritus (agar tidak meninggalkan bekas jelaga) satu persatu. Saat bidang yang dipanaskan mulai melentur, tekan bagian atas ke dalam dan tarik bagian bawah keluar menggunakan alat bantu seperti sendok makan, sendok nasi, dll disesuaikan dengan panjang sayatan yang dibuat. Tahan posisi tersebut hingga plastik mengeras kembali, atau agar lebih cepat basahi dengan lap/serbet basah. Lakukan satu persatu hingga semua lubang terselesaikan.

Kedua,
Gunakan hole saw (bersama bor listrik) dengan ukuran sesuai besar lubang yang diinginkan. Cara ini sangat cepat dan efesien dibandingkan dengan cara pertama di atas.

Jika Anda ingin menanam sayur mayur (tanaman daun) seperti bayam, selada, sawi, dll lubang tanam bisa Anda perbanyak dibandingkan jika ingin menanam cabe, tomat atau tanaman berbuah lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar